Gresik – Tol KLBM (Krian, Legundi, Bunder, Manyar) Gresik yang terhubung dengan Tol Trans Jawa akan dibuka secara fungsional mulai 31 Desember 2022 hingga 3 Januari 2023. Pengelola Tol KLBM akan menggratiskan sejumlah tol.

“Nggak semua memang, tapi ada tiga gerbang tol yang digratiskan,” kata Humas Waskita Bumi Wira Dicky Fajar Novianto.

Dicky menjelaskan simpang susun atau Junction Wringinanom yang mengoneksikan Tol KLBM dengan tol Trans Jawa dibuka secara fungsional pukul 06.00 WIB, Sabtu (31/12/2022). Selama dibuka secara fungsional, beberapa jalur yang melintas tiga gerbang tol terdekat dengan Junction Wringinanom tidak akan dikenakan tarif alias gratis.

“Tiga gerbang itu di antaranya Belahan Rejo, Kedamean, Gerbang Tol Penompo, Mojokerto dan Gerbang Tol Krian, Sidoarjo,” terang Dicky.

“Misalnya pengendara masuk dari Belahan rejo, keluar ke Grebang Penompo, maka tidak akan kena tarif. Begitu pula sebaliknya,” lanjut Dicky.

Dicky menambahkan, apabila pengendara yang masuk dari pintu gerbang lainnya, maka akan dikenakan tarif sesuai jarak pintu masuk tol tersebut hingga Krian. Ia juga memberikan contoh ketika pengendara masuk dari pintu Tol Waru dan keluar melalui ketiga pintu tol yang digratiskan.

“Misalnya dari Waru ya, terus keluar pintu Tol Belahan Rejo. Maka tarifnya hanya Waru sampai Krian. Seumpama tari tol dari Waru sampai Krian Rp 15 ribu, ya itu yang dibayar. Kalau normal kan lebih dari itu,” jelasnya.

Dicky berharap dengan dibukanya Junction Wringinanom yang menghubungkan Tol Krian Gresik dengan Tol Trans Jawa secara fungsional bisa dimanfaatkan masyarakat yang akan pergi liburan saat tahun baru. Sekaligus, mengurangi kemacetan selama liburan tahun baru.

“Kita berharap bisa memberikan manfaat, terutama saat liburan tahun baru. Tentunya harapan kita juga bisa mengurangi kemacetan,” tutup Dicky.

By rdks

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *