Selama delapan tahun berlalu, Ifana Abdulrahman menjalin hubungan dengan Bupati Gorontalo, yang dikenal dengan inisial NP. Dalam kurun waktu tersebut, hubungan keduanya terjalin dengan kedekatan layaknya suami dan istri, sementara NP telah berjanji untuk menikahi Ifana.

Namun, janji tersebut belum juga direalisasikan oleh NP. Meskipun Ifana tidak pernah menolak ketika diajak berhubungan intim oleh NP, ia merasa kecewa karena NP selalu berjanji akan bertanggung jawab atas hubungan mereka.Terlebih Ifana mengetahui kalau NP adalah orang nomor satu di Gorontalo.

Itu membuat saya selalu berbaik sangka terhadap NP. Saya sama sekali tidak punya kecurigaan akan dibohongi dan diperlakukan begini sekian lama,” kata Ifana kepada wartawan dikutip Jumat (4/8/2023). Ifana bercerita kalau dirinya pernah dilabrak oleh istri NP berinisial FN. Bahkan Ifana mendapatkan tindakan kekerasan dari FN.

Sebagai akibat dari situasi tersebut, Ifana akhirnya memutuskan untuk membuat laporan ke Polda Gorontalo terkait masalah ini. Namun, yang mengejutkan adalah bahwa NP, Bupati Gorontalo, justru memohon dengan sangat kepada Ifana agar mau mencabut laporannya. Dalam upaya memulihkan hubungan, kedua belah pihak sepakat untuk menandatangani surat pernyataan perdamaian dan surat pencabutan laporan.

Namun, setelah kesepakatan tersebut, Ifana mengalami kesulitan dalam mendapatkan salinan surat-surat yang telah ditandatangani. Usaha untuk memperoleh salinan tersebut ternyata tidak pernah berhasil.Keadaan semakin rumit ketika NP malah mengancam Ifana dengan rencana untuk menyebarkan foto dan video berunsur dewasa yang melibatkan Ifana. NP juga menekankan permintaan agar Ifana mau kembali terlibat dalam hubungan intim dengan dirinya.

“Meskipun mungkin saya bukan manusia suci dan sempurna, tapi ini tidak bisa terus-terusan saya pendam. Mau sampai kapan saya menjalani hidup seperti ini?,” ujarnya.

Tak tahan dengan kondisi itu, Ifana memutuskan untuk melaporkan NP ke Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian melalui Inspektorat Jenderal Kemendagri, Kamis (3/8/2023). “Kedatangan saya ini dalam rangka menanyakan perkembangan laporan aduan saya tentang perbuatan NP yang mempermainkan saya selama 8 tahun. Sejak 2015 hingga Februari 2023 kami berhubungan seperti suami istri,” tuturnya.

Sementara itu, tim hukum 911 Hotman Paris, Putri Maya Rumanti, menyebut Inspektorat Kemendagri telah menerimanya laporan kliennya dengan baik.Putri menyebut, dalam kasus ini Bupati NP bisa dijerat dengan KUHP tentang pasal perzinaan yang terbagi dalam beberapa pasal. Salah satunya Pasal 418 Ayat 1 KUHP baru, yang mengatur ancaman pidana selama 4 tahun bagi orang yang melakukan hubungan seks dengan wanita dan memberikan ‘harapan palsu’ atau iming-iming akan dinikahi.

Spread the love

By rdks

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *