Habib Bahar bin Smith kembali menjadi perbincangan masyarakat, atas foto yang beredar memimpin Upacara HUT ke-78 RI.

Masyarakat Indonesia serentak merayakan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang genap berusia 78 tahun, seolah tidak mau ketinggalan, salah satu pendakwah yang dikenal kontroversial ini ikut melakukan upacara saat dirinya sedang mengisi Tabligh Akbar di Madura.

Tampak dalam foto yang beredar, Habib Bahar sedang menyimpul bendera merah putih dalam sebatang bambu yang dipegang oleh panitia acara, yang diiringi takbir para jamaah yang menyaksikan di bawah panggung.

Lalu, ulama berdarah Manado Sulawesi Utara ini meminta kepada para Laskar Sakera untuk membuka baju dan memperlihatkan baju bergaris merah putih, yang juga pakaian khas Madura.

“Kepada Sang Saka Merah Putih Hormat Gerak,” Katanya yang diikuti hormat oleh pengikutnya.

“Wahai merah putih, kami rakyat, kami masyarakat bersumpah demi Allah wahai merah putihku, selama darah kami masih merah, tulang kami masih putih, merah putih,” ucapnya dalam ceramah di hadapan para hadirin.

Kemudian dirinya menegaskan bersama masyarakat Madura yang hadir dalam acara Tabligh Akbar, bahwa sebagai warga negara Indonesia pertama yang mengibarkan bendera merah putih.

“Kalau pada umumnya kan 17 Agustus Pagi, Siang atau Sore, kita tidak. Kalau malam tahun baru bisa menunggu jam 12, kenapa kita gak bisa, betul?” ujarnya. “Maka kita bersumpah semua sama-sama ikuti kata-kata saya semua disini bersumpah untuk setia kepada merah putih, setia pada Garuda, setia kepada NKRI,” tegasnya.

Spread the love

By rdks

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *