Dapat Reward, Tersangka Tunjukkan Pelaku lain

0
32

(bisnissurabaya.com) – Tersangka kasus pidana yang sudah mendekam di penjara namun mau menunjukkan pelaku lainnya  akan mendapatkan reward (penghargaan). Tindakan tersangka yang mau bekerja sama dengan penegak hukum  dalam mengungkap kasus itu dinamai Justice Collaborator.

Demikian disampaikan Advokad Senior Dr. Sunarno Edy Wibowo SH, MHum, saat dialog “Hukum Dimata Bowo” di Surabaya TV, Jumat (26/1) pukul 20.00 WIB.  Reward itu bisa berupa keringanan hukum, remisi atau pembebasan bersyarat.

Rupanya tersangka yang  mengambil langkah Justice Collaborator (JC) ini merasa   tidak ingin berada di hotel prodeo sendirian. Dia ingin menyeret pelaku lainnya. “Mungkin dalam benaknya terbersit wong yang berbuat banyak kok hanya  saya atau beberapa saja yang yang ditahan,” papar Cak Bowo panggilan akrab pengacara ini.

Tersangka korupsi yang telah dijebloskan ke tahanan  lanjut Cak Bowo,   lebih baik mengambil langkah ini agar dapat memperoleh remisi yang jumlahnya lumayan itu. Dan perihal JC ini telah diatur oleh Mahkamah Agung. Yang termaktub dalam Surat Edaran MA No. 4/20011.

Pria yang telah malang melintang puluhan tahun di dunia hukum ini lebih lanjut memaparkan keringanan itu. Misalnya tersangka korupsi telah diputus 4 tahun penjara maka biasanya hukuman yang akan dijalani hanya  2 tahun 2 bulan.

Namun demikian langkah untuk menjadi JC ini tersangka harus menjelaskan sendiri  siapa-siapa teman yang dianggap juga menikmati hasil korupsi. “Harus menjelaskan sendiri ke penegak hukum tidak boleh menlalui pengacara,” tandas Cak Bowo.

Menjelaskan sendiri tentunya harus disertai dengan data dan fakta. Agar pengakuannya lebih akurat dan dapat dipertimbangkan secara hokum. Langkah JC ini telah ditempuh beberapa tersangka  diantaranya M. Nazaruddin dalam kasus korupsi Hambalang. Dan sekarang kabarnya Setyo Novanto juga akan melakukan hal yang sama.

“Sebenarnya ada   hal sangat subtasntif dan penting yaitu  jangan melakukan korupsi. Jangan mencuri dana APBN maupun APBD. Gunakan dana ABS saja,” tandas pria asli Surabaya ini. ABS yang dimaksud Cak Bowo adalah Anggaran Belanja milik Sendiri. (sam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here